Pramuka: Sinergitas Kaum Muda dan Dewasa

Pramuka bagiku adalah sebuah organisasi yang dibentuk dan digerakkan dengan semangat KAUM MUDA tanpa meninggalkankan ORANG DEWASA. Maksudnya adalah semangat kaum muda untuk terus berkarya, berbakti dan berinovasi tetap diimbangi dengan melibatkan orang dewasa karena biarpun kaum muda lebih tinggi tingkat keilmuannya namun tidak jarang orang dewasa lebih banyak pengalamannya dan lebih matang dalam berfikir. - red

Nglimut, Ds. Gonoharjo, Kec. Limbangan, Kab. Kendal. 26-29 Mei 2016.
Kegiatan Perkemahan Bakti Pandega Se-Jateng Tahun 2016 oleh Kwartir Daerah Jawa Tengah menyisakan kenangan yang berharga. Kegiatan bakti di tingkat Pandega Perguruan Tinggi ini dikonsep dengan model bakti masyarakat serta menempatkan peserta di rumah-rumah penduduk atau homestay. 
Membenahi Tugu Desa Gonoharjo - Pramuka Pandega Beraksi
Dengan sistem homestay ini, Pramuka Pandega selain berkegiatan juga dapat berinteraksi dan bersosialisasi serta berbagi pengalaman bahkan sampai keilmuan. Sebagaimana yang kami rasakan selama kegiatan Perti Pandega berlangsung.

Pada kesempatan ini, Kontingen Kwarcab Kota Salatiga diwakili oleh anggota Racana Kusuma Dilaga - Woro Srikandhi IAIN SALATIGA yaitu:
  1. Edy Setiyawan
  2. M. Maskuri
  3. Luzman Rifqie
  4. Rifa'atul Muna
  5. Metik Fatmasari
  6. Rizna Dwi Ariani
Sementara untuk peserta Kontingen Salatiga Putra menempati homestay Pak Kusni. Beliau seorang petani yang memiliki wawasan luas. Pahit manis kehidupan yang beliau alami, membawanya kepada sosok Pak Kusni dengan wawasannya yang bijaksana. Dalam kehidupan keluarganya beliau berprinsip untuk membenahi masyarakat dimulai dari pendidikan di dalam keluarga. Sedangkan dalam bidang pekerjaan beliau merintis usaha dari menyewa lahan hingga sekarang ini dapat memberikan lapangan pekerjaan kepada warga sekitarnya meskipun hanya sekedar menggarap sawah dan ladang dan membuat Gula Aren.

Beliau menyampaikan rasa salutnya kepada Gerakan Pramuka yang mampu melahirkan kader-kader terbaik bangsa ini. Beberapa poin pokok yang beliau sampaikan adalah sebagai berikut:
  1. Orang jika sudah dengan kesadaran diri pribadi mengenakan seragam pramuka tentu memiliki karakter paling tidak jujur dan dapat dipercaya.
  2. Pramuka adalah orang yang dapat diandalkan dan memiliki semangat yang tinggi dalam mengabdi untuk negaranya.
  3. Barangkali untuk sosok pemimpin bangsa ini perlu juga dilihat pengalamannya di kepramukaan sehingga dapat diketahui karakternya akan kemampuannya memimpin bangsa ini.
  4. Dan masih banyak lagi obrolan-obrolan lain yang membuktikan bahwa Pramuka layak untuk diacungi jempol dalam memajukan bangsa Indonesia ini.
Kegiatan Perkemahan Bakti Pandega yang pertama ini diisi dengan kegiatan bakti berupa pembangunan akses ke makam, pembangunan talut, tanam mangrove, tanam pohon, papanisasi, pembenahan tugu desa. Selain bakti fisik, ada juga bakti non fisik seperti sosialisasi bagi ibu-ibu PKK, Bimbingan belajar, dan kegiatn diskusi seputar kepandegaan di Perguruan Tinggi. Alhasil kegiatan ini sarat manfaat yang dapat dirasakan oleh kakak-kakak Pandega serta masyarakat sendiri. 

Salam Pramuka,,
Dari Kanan: Kak Metik, Kak Muna, Kak Rizna berfoto dengan kontingen lain
Berfoto Menjelang Pulang

0 Komentar